HUT KOSTRAD KE 60, YONARMED 13/2/1 KOSTRAD CIKEMBAR ADAKAN AKSI SOSIAL DONOR DARAH
-->

Advertisement


HUT KOSTRAD KE 60, YONARMED 13/2/1 KOSTRAD CIKEMBAR ADAKAN AKSI SOSIAL DONOR DARAH

LKI CHANNEL
27 February 2021

LKI-CHANNEL , Sukabumi


Batalyon Armed 13 Nanggala Kostra menggelar kegiatan donor darah di aula Batalyon Armed 13/2/1 Kostrad Nanggala Kostrad, bertepat Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Jumat (26/2/21).


Donor darah ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI dalam membantu sesama untuk memenuhi ketersediaan darah khususnya Kota/Kab. Sukabumi


"Puluhan prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad, terlihat antusias melakukan aksi sosial donor darah.


Aksi sosial tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 60 Kostrad, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi.


Dalam kegiatan donor darah tersebut beberapa instansi ikut menghadiri seperti, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kodim 0622 Kab. Sukabumi, Polres Kab. Sukabumi yang diwakili oleh Kanit Lantas Polsek Cibadak, Ipda Sapri, S.I.P, Dishub Kab. Sukabumi, Lapas Kab. Sukabumi, serta Kepala Desa Sukamulya Bapak Dudun.


Komandan Batalyon Letkol Arm Wahyu Hidayat mengatakan, kegiatan donor darah ini adalah sebagai bentuk komitmen kami Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad. Yakni, setetes darah untuk kehidupan, "Ungkap Danyonarmed 13. 


Donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk membantu kelangkaan stok darah di PMI Sukabumi. Terlebih lagi, saat ini ketersediaan darah di PMI sangat kurang akibat masyarakat mengalami kekhawatiran mendonorkan darah di tengah pandemi Covid-19. 


Jadi kegiatan donor darah ini, dilakukan bukan hanya pada saat perayaan HUT saja. Tetapi, memang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad," imbuh wahyu.


"Donor darah merupakan satu tindakan yang mulia, selain mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh prajuritnya, kegiatan donor darah tersebut sebagai langkah TNI dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah, sehingga mampu memberikan arti bagi keberlangsungan hidup seseorang yang membutuhkan," bebernya. 


"Meski digelar di aula namun, pihaknya pun tetap mengedepankan protokoler kesehatan. Salah satunya social distancing sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 , "Kami berhasil mengumpulkan sebanyak 53 labu darah dari kegiatan ini. Terdiri dari 14 labu dari golongan darah A, 16 labu golongan darah B, 4 labu dari golongan darah AB dan 19 labu dari golongan darah O," paparnya. 


Wahyu menuturkan, seluruh darah yang terkumpul dari aksi donor darah prajuritnya ini, akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kabupaten Sukabumi. meskipun jumlahnya tidak banyak semoga dapat membantu ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi, khususnya ditengah pandemi Covid-19 ini.


Ditempat yang sama, Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito menggungkapkan, pihaknya sangat menginspirasi terhadap sikap prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad yang sudah peduli dengan mendonorkan darahnya untuk PMI Kabupaten Sukabumi. "Setetes darah yang didonorkan prajurit ini, sangat berarti bagi warga yang membutuhkannya.


dr. Hondo Suwito mengucapkan banyak terima kasih kepada Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad yang sudah memberikan darah pada saat pendemi Covid 19. Terlebih saat ini stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi untuk didistribusikan ke setiap rumah sakit sangat minim.


Minim nya darah disetiap Rumah Sakit lantaran masyarakat Kabupaten  Sukabumi mengalami kekhawatiran mendonorkan darah di tengah pandemi Covid-19. "Padahal warga tidak perlu khawatir untuk melakukan donor darah. Karena, virus itu tidak bisa menular melalui darah. Akan tetapi menularnya melalui droplet," paparnya. 


Demi keamanan dan kenyamanan pendonor dari penularan Covid 19, tentunya petugas PMI Menerapkan protokoler kesehatan. Seperti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), memakai masker, sarung tangan dan melakukan rapid test


"Saya berharap kegiatan donor darah yang dilakukan oleh prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad ini, dapat dicontoh dan menarik minat warga Kabupaten Sukabumi untuk melakukan donor darah.


(Almiat)