MABAR BANGBARA ajang silaturahmi komunitas pemancing
-->

Advertisement


MABAR BANGBARA ajang silaturahmi komunitas pemancing

LKI CHANNEL
14 February 2021

LKI-CHANNEL , CIANJUR


Pada Sabtu - minggu 13-14 February 2021 di SPOT : MK. POGOR Jatinenggang, Malimping dilaksanakan lah gelar mancing bareng (MABAR) dengan Trophy Grand Champion dan 400 kuota sebagai hadiah nya


Terdaftar sebagai peserta independent juga dan meramaikan serta berpartisipasi dalam acara tersebut.


Komunitas Bangbara tidak hanya sekedar menyalurkan hobi, kegiatan memancing namun kerap dijadikan sejumlah orang untuk ajang silaturahmi dan hiburan dengan menggelar kegiatan Mancing Bareng (Mabar) komunitas mancing Bangbara ,Biasanya kegiatan Mabar diatur oleh panitia yang dibentuk sebelumnya untuk mengatur waktu dan tempat hingga teknis atau aturan dalam Mabar tersebut.


“Meski ajang silaturahmi, tapi tetap harus adil atau netral, misalnya, tempat duduk pemancing diberi nomor dan pengambilannya dikocok oleh panitia Jadi tidak bisa asal duduk atau memilih sendiri spot mancingnya dan juga Sebagai hiburan atau untuk menarik minat peserta mabar, terdapat hadiah sesuai katagori. Anggaran hadiah sendiri diambil dari uang pendaftaran yang dipunggut dari setiap peserta mabar.


“Kategori yang umum diperebutkan, misalnya ada juara induk nila, juara induk non nila, dan juara total berat atau hasil terbanyak ikan yang didapat. Untuk besaran hadiah, itu tergantung dana yang terkumpul,” jelasnya..wa Dery (39) panitia mabar asal Sirnagalih Cianjur mengatakan, dengan adanya kegiatan mabar, komunikasi hingga tali persaudaraan antar anggota pemancing semakin terjalin meski sebelumnya tidak saling mengenal , Mabar sendiri biasanya terbuka untuk umum tanpa menjadikan komunitas atau asal daerah pemancing menjadi penghalang.


“Tidak ada syarat khusus, peserta bebas dari mana saja, karena mabar itu sejatinya untuk silaturahmi bahkan jadi menambah saudara hanya karena kita satu hobi dan bertemu di tempat pemancingan,” ucapnya.


Kegiatan mabar sering digelar setiap komunitas pemancing Bangbara dan sudah sering dilakukan hampir diseluruh perairan atau waduk yang ada di Jawabarat sehingga tali persaudaraan antar pemancing tersebut pun semakin luas tanpa membedakan asal daerah pemancing.


“Semua perairan sering jadi tempat mabar, misal Waduk Saguling, Cirata, Jangari, Calingcing Karena peserta nya bebas, kita jadi banyak kenal pemancing asal, Cianjur, Cipanas, Sukabumi, dan daerah lainnya,” terangnya.


Menurutnya, selain sekedar menyalurkan hobi hingga menjadikan mancing sebagai ajang silaturahmi, pemancing juga kerap melakukan aksi sosial seperti yang kerap dilakukan sejumlah komunitas mancing lainnya.

(iwan)