Berkaca Dari Covid 19, Bupati Ajak TP PKK dan Dekranasda Berinovasi
-->

Advertisement


Berkaca Dari Covid 19, Bupati Ajak TP PKK dan Dekranasda Berinovasi

LKI CHANNEL
25 March 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melantik Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi masa bhakti 2021-2026, Kamis (25/3/2021).



Kegiatan yang dilaksanakan di Bale Budaya Pudak Arum tersebut, disiarkan pula secara daring.TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Sukabumi masa bhakti 2021-2026 diketuai oleh Hj. Yani Jatnika Marwan.
H. Marwan Hamami mengatakan, TP PKK dan Dekranasda di pengurusan baru ini, harus menciptakan berbagai terobosan. Terutama di bidang digitalisasi untuk mempermudah berbagai akses.
"Pandemi covid 19 harus menjadi pengalaman untuk membuat berbagai terobosan program. Terutama berkaitan teknologi," ujarnya.
Menurut H. Marwan, Dekranasda bisa membuat terobosan dari segi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi dalam pemasaran berbagai produk UMKM.
"Berbagai platform daring bisa dimanfaatkan dalam membantu pemasaran produk UMKM. Sehingga, produk kerajinan asal Kabupaten Sukabumi bisa bersaing secara lebih luas," ucapnya.
Dekranasda merupakan organisasi nirlaba yang membantu mengembangkan produk kerajinan di daerah.
"Dekranasda bisa membantu Kabupaten Sukabumi dalam menjual dan mengembangkan program kerajinan masyarakat," ucapnya.
Apalagi, pasar kerajinan dan UMKM di Kabupaten Sukabumi berpotensi besar menyejahterakan masyarakat. Apalagi dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Cikidang dan KEK Pariwisata Lido ditambah keberadaan geopark.



"Keberadaan semua ini, bisa menghidupkan UMKM dan menyejahterakan masyarakat," ungkapnya.
Hal tersebut menurutnya, dapat didorong pemerintah daerah. Terutama dalam membuat regulasi kebijakan untuk mengakses pasar, pendanaan, dan pelatihan.
"Tugas pemerintah membantu masyarakat untuk bersaing dan membuat terobosan. Jadi, orang Sukabumi harus bangga buatan Sukabumi," bebernya.
Selain itu, TP PKK pun dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat. Di antaranya mengurangi angka kematian ibu dan anak.
"Termasuk pengentasan stunting di Kabupaten Sukabumi. Selamat bekerja untuk pengurus TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Sukabumi masa bhakti 2021-2026," terangnya.
Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengajak, pengurus TP PKK untuk lebih meningkatkan kapasitasnya dalam pengelolaan gerakan TP PKK. Terutama dalam menghadapi masalah keluarga di masyarakat secara masif.
"Sehingga, gerakan PKK dapat dirasakan masyarakat. Termasuk menyadarkan masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan, pencegahan stunting, dan mencegah masalah kenakalan remaja atau anak," bebernya.
Menurut Hj Yani, kepengurusan kali ada terdapat sedikit perubahan nomenklatur. Sehingga tidak ada lagi nama wakil ketua ataupun anggota PKK.
"Wakil ketua diganti menjadi ketua bidang. Sementara anggota diganti menjadi pengurus," terangnya.
Selain itu, Hj Yani mengajak Dekranasda berinovasi dalam penjualan produk kerajinan Kabupaten Sukabumi. Terutama lewat digitalisasi pasar kerajinan.
"Dekranasda merupakan organisasi yang berkiprah dalam memasilitasi, membina, dan menumbuh kembangkan pelaku usaha dalam bidang kerajinan. Semua ini ditandai dengan kepedulian untuk meningkatkan potensi UMKM," pungkasnya.

(Yp)