Sosialisasi Program Sanimas Citarum Harum Di Desa Cikondang
-->

Advertisement


Sosialisasi Program Sanimas Citarum Harum Di Desa Cikondang

LKI CHANNEL
01 March 2021

LKI CHANNEL,CIANJUR


Sosialisasi Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) Citarum Harum yang akan direalisasikan oleh Pemerintah Desa Cikondang di bulan Maret Tahun 2021 yang di hadiri tokoh masyarakat,tokoh agama,tokoh pemuda dan unsur warga lainnya dan kegiatan ini turut di dampingi juga oleh Enam Orang Fasilitator Provinsi yang telah di tugaskan melalui Kementrian PUPR, Kantor Desa Cikondang,Senin 01/03/2021.


Kementrian PUPR telah memberikan program bantuan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dan Tempat pengelolaan Sampah (TPS 3R) tahun 2021 di beberapa desa diantaranya desa Cikondang.


Hal ini merupakan hasil kerja keras Yana Mulyana sebagai Kepala Desa yang peduli dan bertanggung jawab akan lingkungan bersih.tutur salah satu anggota BPD Bapak Drs.E.M Fauzi ,kita sebagai warga harus patut bersyukur dan berterimakasih kepada Pak Kades karena bantuan ini langka sekali di dapatkan,dan ini butuh perjuangan yang alot,namun dengan kesungguhan pak kades untuk mengurus warganya maka al hasil dapatlah bantuan program sanimas ini dari kementerian langsung.tambahnya  



Desa Cikondang saat ini mendapat 3 titik bantuan diantaranya 2 IPAL yang satu akan di bangun di Kp.Hanjawar Rt.002 Rw.002 dan satu lagi akan dibangun di Kp. Babakan Hanjawar Rt.003 Rw.001 serta satu TPS 3R yang akan dibangum di Kp.Pasir sirem Rw.03 ,Anggaran IPAL ini senilai 500jt masing-masing titik dan Anggaran TPS 3R senilai 600jt.


Program ini akan di laksanakan oleh Warga setempat yakni Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan untuk pemeliharaan dan pengelolaan akan di lanjutkan Kelompok Pemeliharaan dan Pemanfaatan (KPP).


Aparatur desa tidak akan ikut campur bahkan dilarang dalam pelaksanaan nya ,kita disini hanya sebatas mengawal dan mengawasi pembangunan IPAL dan TPS 3R ini.tegas Yana Mulyana sebagai Kades Cikondang


Semoga dengan adanya program IPAL ini terciptanya lingkungan sehat dan masyarakatnyapun sehat.tutupnya


(Rahmat)