Kedatangan Team monev 10 program PKK Kedesa Cibodas
-->

Advertisement


Kedatangan Team monev 10 program PKK Kedesa Cibodas

LKI CHANNEL
29 March 2022

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Sukabumi_Pemerintah Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, kedatangan Tim Evaluasi dan Monitoring (Monev) 10 Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan (PKK) Tingkat Kabupaten Sukabumi. Kehadirannya di Desa Cibodas terkait penilaian 10 Program PKK dan Desa model.


Kepala Desa Cibodas, Junajah Jajah N,S.Pd mengatakan, Desa Cibodas yang saya pimpin merupakan perwakilan dari Kecamatan Palabuhanratu untuk ikut serta berlomba di ajang tingkat Kabupaten Sukabumi.


“Kita kedatangan Tim Monitoring dari Kabupaten Sukabumi yaitu dalam rangka 10 program PKK dan Desa Model. Jadi pada intinya Desa Cibodas mewakili Desa-desa di Kecamatan Palabuhanratu dalam kategori Desa Model,” ujar Junajah Jajah kepada awak media Senin (28/3/2022).


Selain itu, lanjut Junajah, dilakukan penilaian soal Pelaksanaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan, Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


“Masyarakat kami, khususnya warga Desa Cibodas, gotong royong itu sudah biasa, tetapi ini kedepannya program berkelanjutan. Sehubungan tata kelola lingkungan harus bersih dan rapi, dengan 10 Program PKK yang dibina Tim PKK Desa Cibodas Ibu Sumiati. Alhamdulillah, kelihatannya masyarakat antusiasme dengan program ini,” terangnya.


Junajah pun berharap dengan adanya program tersebut, masyarakat dapat menjalankan tidak sebatas ini saja, namun program PKK ini berkelanjutan. Namun sebetulnya, Desa cibodas sendiri merupakan desa yang konsisten menjalankan program tersebut setiap tahunnya, sehingga lingkungan tertata dan semakin berkembang .


“Program ini akan terus di jalankan karena setiap tahun ibu PKK ini sudah berjalan, tapi ini kan ada monitoring evaluasi dan penilaian dari Kabupaten. Sehingga, kami begitu dilaksanakan desa model bagi kami sudah tidak asing lagi. Insya Allah Desa Cibodas Palabuhanratu juara, juaranya bukan berarti juara satu tetapi juara untuk ke depannya,” jelasnya.


Sementara itu, TP PKK Desa Cibodas Sumiati Junajah menjelaskan bahwa 10 program PKK itu meliputi Administrasi PKK,Pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga.


"Upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK, halaman Asri teratur indah dan Nyaman PKK," jelasnya.


Ditempat yang sama, Camat Palabuhanratu DR.Drs.H.Ali Iskandar,MH mengaku bangga dengan adanya kegiatan desa model, pasalnya semua diluar ekspektasinya, dimana setelah beberapa kali diberikan pembinaan dan dikunjungi serta berdiskusi dengan semua pihak, kebersamaan menjadi kunci suksesnya pelaksanaan desa model.


"Kebersamaan menjadi kata kunci, soal konten ada beberapa yang kurang dan perlu dilengkapi, itu menjadi catatan kebaikan buat kita, yang paling penting motivasi untuk bangkit," paparnya.


Ali pun berharap program ini bisa berkelanjutan, karena kebaikan itu harus di jemput, dicari. Dan cara mencarinya dengan menunjukan diri eksistensi.


"Mudah-mudahan ini menjadi momentum buat kita sekalian untuk terus berkoordinasi, sehingga sesuai dengan visi misi bupati bisa memuliakan Palabuhanratu," pungkasnya.