Deklarasi Paguyuban Jampang Tandang Makalangan Dimeriahkan Aksi Debus
-->

Advertisement


Deklarasi Paguyuban Jampang Tandang Makalangan Dimeriahkan Aksi Debus

LKI CHANNEL
04 September 2022

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Paguyuban Jampang Tandang Makalangan, menggelar deklarasi dengan mengucap ikrar janji setia kepada organisasi dan akan mematuhi AD/ART. Dalam kegiatan tersebut, ada sebuah aksi yang mencuri perhatian khalayak yakni pementasan debus. Acara berlangsung di lapangan Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (3/9/2022).


Pembacaan Ikrar janji, dipimpin oleh Panglima Jagaraksa Yudi Pratama, yang diucap ulang oleh ratusan anggota Jampang Tandang Makalangan ngaji ngajadi Hiji.


Ketua umum Jampang Tandang Makalangan H. Hendra Permana, S.Sos.M.M, didampingi Panglima Jagaraksa Yudi Pratama, Sekjen Hendrik Firmansyah, Bendahara umum Rudiana Marvel, dan Para Pengurus DPP.  Acara deklarasi di awali  nakol benda Goong kabuyutan oleh Ketua umum Hendra Permana. Hendra mengatakan," dengan dideklarasikannya paguyuban jampang tandang ini diharapkan sebagai wadah pemersatu bagi masyarakat khususnya dipajampangan, katanya.


Mewakili unsur pemerintah daerah, hadir Kepala Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Tri Ramadhono, Camat Surade Chaerul Ichwan, Camat Simpenan, serta tamu undangan lainnya.


Selain aksi debus, acara juga dimeriahkan oleh berbagai tradisi, diantaranya. Pawai kirab budaya, wayang golek, pencak silat, kuda lumping, reog, barong, Gondang, dongdang. Aksi lain yang tidak kalah menegangkan adalah bola seneu, pecut seneu, karinding, kacapi suling, Calung, lengser, rajah, pentas pop Sunda. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari mulai dari Sabtu tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 September 2022 nanti.


Unsur budaya tradisional juga ikut ditampilkan yakni kaulinan budak baheula, senam,  bajar kuliner tradisional, iket Sunda,  laratan jampang manggung, ngaraksa situs megaladon hdroh, santunan anak yatim-piatu, istigosah dan terakhir diadakan tabligh akbar.


(Jeki)