Wagub Uu Ruzhanul Tinjau Jalan Cikembar
-->

Advertisement


Wagub Uu Ruzhanul Tinjau Jalan Cikembar

LKI CHANNEL
05 January 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau langsung ruas jalan yang rusak di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/1/2023). 


Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau ruas jalan yang rusak di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/1/2023)

Wagub juga menampung aspirasi warga sekitar terkait perbaikan infrastruktur jalan. 


Pak Uu –sapaan Uu Ruzhanul—menyebutkan, Pemdaprov Jabar melalui Program Jamu atau Jalan Mulus akan memperbaiki ruas jalan Cikembar sepanjang 3,4 kilometer. Pemdaprov juga akan melengkapi pemeliharaannya dengan drainase di sisi kiri dan kanan jalan. 


“Insya Allah jalan akan kita bangun dengan Program Jamu, Jalan Mulus, sepanjang 3,4 kilometer,” ujar Uu Ruzhanul Ulum. 


Pak Uu menjelaskan, sebelumnya pemeliharaan jalan di Cikembar tertuang dalam kesepakatan bersama antara Pemdaprov Jabar dengan PT. Semen Jawa (Siam Cement Group) yang juga berada di kawasan tersebut. 


Namun akibat pandemi COVID-19 pemeliharaan jalan terhenti, sehingga menyebabkan kerusakan yang dikeluhkan warga. 


“Maka Pemdaprov sekarang akan mengubah MoU, artinya tidak diserahkan atau dikerjasamakan dengan pihak perusahaan. Tapi kami akan bangun sekitar 3,4 kilometer dengan pelengkapnya, seperti drainase di kiri kanan jalan,” ungkap Pak Uu. 


Terkait waktu pelaksanaan pembangunan, Pak Uu minta agar lebih cepat lebih baik. Hal ini karena Jabar sudah menggunakan sistem e-katalog, yang memungkinkan untuk percepatan proses lelang pekerjaan, sehingga hasilnya akan lebih cepat dirasakan oleh masyarakat. 


Ditargetkan proses lelang sudah diumumkan di bulan ini, dan pembangunan sudah dapat dimulai pada bulan Februari 2023. 


“Harapan kami, bulan Februari ini sudah ada _action_, dan sudah diumumkan lelang-lelangnya di bulan Januari ini. Apalagi sekarang pakai e-katalog, jadi tidak ada sanggahan selama 40 hari dan lainnya. Itu sudah ada payung hukumnya, yaitu Perpres, sehingga kita akan lebih cepat lagi supaya masyarakat bisa lebih cepat menikmati jalan bagus,” papar Pak Uu. 


Pak Uu menambahkan, jalan yang akan dibangun oleh Pemdaprov Jabar bukan hanya ruas jalan Cikembar, melainkan juga jalan di lingkar selatan, dan jalur Jabar selatan. 


Hal itu meliputi Tegalbuleud, Baros, dan Sagaranten, yang akan diperlebar menjadi enam meter dari sebelumnya yang hanya empat meter. Tidak hanya pelebaran, jalan-jalan tersebut juga akan ada peningkatan dan pemeliharaan. 


“Jadi jangan ada anggapan kami tidak peduli dengan jalan yang ada di Sukabumi karena memang bertahap sesuai dengan kemampuan kami. Tahun ini kami memberikan perhatian yang sangat luar biasa ke wilayah Sukabumi,” pungkas Pak Uu.


(Yp)