Pemdes Cibodas Bersama Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Tebar 3000 Ekor Nilem di Sungai Ciogong dan Cibuluh
-->

Advertisement


Pemdes Cibodas Bersama Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Tebar 3000 Ekor Nilem di Sungai Ciogong dan Cibuluh

LKI CHANNEL
27 December 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan benih ikan Nilem kepada Pemdes Cibodas Kecamatan Palabuhanratu sekaligus menebarkan benih ikan tersebut di sungai Ciogong dan sungai Cibuluh Desa Cibodas dalam rangka melestarikan sumber daya ikan untuk menambah stok populasi dan untuk ketahanan pangan serta untuk melestarikan Perairan Umum Darat (PUD), Rabu ( 27/12/2023).


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati melalui Analis sumber daya ikan, Widya mengatakan, Alhamdulilahhirobil aalamin hari ini telah di laksanakan pelepas liaran ikan di sungai bersama perangkat desa dan kepala desa, dari mulai Desa Cimanggu, Desa Gandasoli dan titik terahkir Desa Cibodas.


"Alhamdulilah ini pelepas liaran ikan ini merupakan upaya dari dinas perikanan untuk melestarikan ikan dan penambahan stok ikan di alam, yang nantinya harapan nya ini juga untuk pencegahan stanting untuk penambahan zigi masyarakat sekitar ," ucapnya.


Widya pun menjelaskan bahwa hari ini kita sebar per'desa 3000 ekor nilem, dimana ikan nilem ini merupakan ikan asli dari Kabupaten Sukabumi.


"Kami dari Dinas Perikanan rutin dari tahun terakhir ini melaksanakan pelepas liaran ikan yang nantinya harapan nya dapat di tularkan ke desa- desa dan masyarakat sekitar untuk ikut serta aktif melestarikan pelestarian ikan, " terangnya


Adapun untuk pengusulan nya bisa melewati pihak desa, lanjut Widya, dimana pihak desa memberikan surat usulan atau proposal ke Dinas Perikanan yang melampirkan lokasi yang akan di laksanakan pelepas liaran.


"Kemudian jenis ikan apa dan berapa jumlah nya, insya Allah dari dinas perikanan akan melakukan klarifikasi kelapangan," terang Widya.


Ditempat yang sama, Kepala Desa Cibodas H.Ibadulloh Muchtar mengucapkan terimakasih kepada pihak dinas perikanan yang hari ini memberikan 3000 ekor ikan Nilem.


"Mudah - mudahan kedepan nya bermanfaat untuk masyarakat Desa Cibodas, khususnya yang ada dilingkungan sekitar sungai Ciogong yang di hari ini kita tebar ikan nya," ucap kades Cibodas.


H.Ibadulloh Muchtar pun menghimbau kepada masyarakat Cibodas, harap penanam ini kita jaga masing - masing, saya harap agar menjaga lingkunganya, jangan sampai ada pengambilan secara di strum ataupun di racun, kalau bahasa sunda mah di tua.



"Insya Allah untuk kedepan nya mungkin nanti ikan nya sudah besar, maka menjelang mau agustusan ya mungkin sekitar 7 bulan ketika ikan nya sudah besar, mau saya ada kan lomba mancing di sungai Ciogong ini. Harapan saya kedepan nya dari dinas perikanan akan lebih memperhatikan lagi untuk Desa Cibodas dan lingkungan sungai Cibodas ini," pungkasnya.


Ateu Ellah