Ayo Sekolah ; SMK Nurul Karomah Menyajikan Dua Sisi Pembelajaran
-->

Advertisement


Ayo Sekolah ; SMK Nurul Karomah Menyajikan Dua Sisi Pembelajaran

LKI CHANNEL
13 March 2021

LKI-CHANNEL , Bangkalan


Pondok Pesantren Nurul Karomah adalah salah satu Pendidikan yang ada di Kab. Bangkalan Jawa Timur, tepatnya di Desa Peterongan Kec. Galis. 



Pondok Pesantren tersebut di dirikan oleh Kiai Fattah panggilan akrabnya, yang berasal dari Banyualet Tanah Merah Bangkalan pada kisaran tahun 90an.


Dari berdirinya Pesantren tersebut sudah mengeluarkan beberapa alumni yang berasal dari berbagai daerah, baik dari Bangkalan sendiri atau bahkan dari pulau lain. 


Saat ini Pesantren tersebut telah berdiri beberapa pendidikan Formal dan Non Formal, meliputi MI Wustho, Tsanawiyah, Aliyah bahkan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. 


Sedangakan MI, Tsanawiyah dan Aliyah adalah Madrasah dibawah naungan Kemenag, menyajikan pembelajaran Formal atau Non Formal, yang meliputi Tafsir Hadits, Nahwu, Fiqih dan pembelajaran Non Formal lainnya.


Sedangkan uniknya lagi, SMK di Nurul Karomah yang bernaung di Dinas Pendidikan juga tidak hanya menyajikan pembelajaran Formal saja, tapi menyajikan dua sisi pembelajaran, meliputi Kitab Kuning, baik Fiqih, Tasawuf, Tafsir Hadits ataupun Nahwu. 


Saat awak media mewawancarai Mahmud, S.Sos, M.Si mengatakan : "Bahwa di SMK Nurul Karomah walaupun tingkat umum, tapi kami tetap menyajikan pembelajaran Semi Formal, yang meliputi kajian Kitab Kuning dan pembelajaran Ubudiyah lainnya, serta tidak melupakan pembelajaran/ jurusan dari Kejuruan tersebut". Ungkap Kepala SMK Nurul Karomah kepada Awak Media pada Sabtu, 13 Maret 2021.


Menambah Kepala SMK tersebut ; "Bahwa Jurusan dari SMK disini adalah TKJ (Teknik Komputer Jaringan), yang berdiri mulai dari tahun 2011 lalu, serta ditahun berikutnya akan menambah jurusan yang lain". Imbuhnya. 


Sejak berdirinya, SMK Nurul Karomah telah melahirkan 7 generasi alumni, serta alumni yang telah lulus sudah banyak kuliah diberbagai kampus di Jawa Timur, seperti UIN Sunan Ampel, Kampus 45 Surabaya, atau di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan kampus-kampus besar lainnya, dan berbagai bidang jurusan. 


Kendatipun demikian, bahwa Alumni yang melanjutkan kejenjang kampus bisa melalui program Mandiri, serta SMK Nurul Karomah juga menawarkan beasiswa Bidikmisi atau program prestasi. 


SMK Nurul Karomah, memiliki semboyan SMK Hebat SMK Bisa, bahwa yang lulus dari Kejuruan tersebut bisa langsung bekerja yang sesuai dengan jurusan atau pekerjaan lainnya. 


Demikianpun SMK Nurul Karomah sudah melakukan MOU kepada beberapa perusahaan di tingkat Jawa Timur, diantaranya PT. Maspion IT, CV. Madura Techo, CV. Andy Service dan CV. Junior, yang semuanya itu adalah program unggulan yang bisa diperuntukkan kepada alumni SMK Nurul Karomah yang berminat untuk bekerja. 


(Iwan Sanusi)