Disdukcapil Kabupaten Bogor Akan Menerbitkan Kembali Dokumen Kependudukan Bagi Warga Terdampak Bencana
-->

Advertisement


Disdukcapil Kabupaten Bogor Akan Menerbitkan Kembali Dokumen Kependudukan Bagi Warga Terdampak Bencana

REDAKSI
08 January 2020

LKI-CHANNEL , BOGOR
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor mengadakan rakor tentang Pendataan, Penerbitan Dokumen Kependudukan bagi penduduk yang rentan atau terdampak bencana alam, bertempat di ruang Rapat Disdukcapil Kabupaten Bogor (08/01/2020).


Rapat Kordinasi (Rakor) yang dipimpin langsung oleh Kadisdukcapil, Otje Soebagja menjelaskan bahwa Disdukcapil Kabupaten Bogor akan membentuk Tim dan menunggu SK Bupati dalam mengatasi permasalahan dokumen Administrasi Kependudukan yang hilang ataupun rusak akibat bencana alam di wilyah Kabupaten Bogor.

Langkah – langkah yang dilakukan selain membentuk Tim yg terdiri dari unsur Disdukcapil sendiri juga dibantu oleh BPBD Kab.Bogor, unsur Kecamatan, Dinsos dan DPMD yang tugasnya mengumpulkan data – data serta memverifikasikan data tersebut untuk dijadikan acuan dalam mencetak atau menerbitkan Dokumen Administrasi Kependudukan seperti KTP, K.K, K.I.A dan Akta Kematian bagi masyarakat yang terkena dampak ataupun rentan terhadap Bencana Alam di wilayah Kabupaten Bogor, tentunya sambil menunggu SK.Bupati turun, tutur Otje.

Bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam yang  kehilangan ataupun rusak dokumentasi administrasi kependudukannya seperti KTP,K.K dan lain sebagainya bisa langsung melaporkan ke Posko – posko yang berada di Desa- desa yang tidak terdampak bencana, karna menurut Otje kita ingin (Disdukcapil) tampil di depan bersama-sama dengan OPD lainnya membantu para korban bencana alam ini . Masyarakat yang terkena bencana alam hanya cukup melaporkan ke Posko terdekat yang ada di desa yang tidak terkena dampak bencana dan semuanya gratis, setelah verifikasi data kita upayakan jika situasi dan kondisi yang memungkinkan langsung kita cetak/terbitkan dokumen- dokumen administrasi kependudukan tersebut,tambah Otje.

Turut hadir dalam rakor tersebut perwakilan dari BPBD Kab.Bogor, Dinsos, DPMD, Sat POL PP juga Diskominfo Kabupaten Bogor .    ( YUSDIANSAH)