DI CIPATAT TEBING DENGAN KETINGGIAN 8 METER LONGSOR, MENUTUP 3 AKSES JALAN DESA
-->

Advertisement


DI CIPATAT TEBING DENGAN KETINGGIAN 8 METER LONGSOR, MENUTUP 3 AKSES JALAN DESA

REDAKSI
26 Maret 2020

LKI-CHANNEL , JAWA BARAT

Hujan turun dari sore sampai malam dengan curah hujan intensitas  yang cukup tinggi di cipatat kabupaten bandung mengakibatkan suatu tebing yang ketinggiannya mencapai 8 meter diwilayah cipatat mengakibatkan terjadi longsor sehingga tanah ( material) longsoran sepanjang 20meter  menutup 3 (tiga) akses jalan desa diwilayah tersebut.


Terjadinya tanah longsor tepatnya di jalan kampung logok talingkup RT 1 Rw 3  kecamatan cipatat kabupaten bandung barat. Rabu (25/03/2020)
Kejadian longsor pada pukul 22:00 WIB yang mengakibatkan tiga akses jalan kabupaten yang menghubungkan antara desa cirawamekar ke desa citata dan jalan gunung masigit yang menuju ke desa nyalindung terputus.

Duddy prabowo sebagai pelaksana BPBD kabupaten bandung barat  menjelaskan pada tim LKI "Sampai pagi ini akses jalan tersebut belum bisa dilalui oleh semua pengendara sepeda motor dan mobil. Petugas dengan dibantu oleh warga setempat yang masih berupaya menyingkirkan material akibat longsor.
" semoga siang hari ini petugas dengan warga setempat yg ikut membantu proses pembukaan jalan usaha mereka sudah mencapai 60% menyingkirkan material akibat longsor yg dilakukan secara manual. Paparnya saat di hubungi tim LKI, kamis 26/03/2020.

Beruntungnya saat terjadinya longsor pada malam hari dan lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga setempat.
Pihak BPBD, aparat desa, unsur muspika dan dengan dibantu 100 warga setempat yang ikut bergotong royong membersihkan tanah longsor yang menutup badan jalan mengakibatkan tiga akses jalan terputus. Mereka bergotong royong dari pukul 06:0WIB.  Untuk mempercepat proses pembukaan akses jalan akibat timbunan tanah longsor pihak BPBD kabupaten bandung barat berkoordinasi dengan pihak PT. Sibelco Bumi Adia suatu perusahaan yang menyediakan jasa pinjaman alat berat.

Kami telah berkoordinasi dengan perusahaan alat berat untuk meminjam alat berat, untuk mempercepat proses pengerjaan pembersihan tanah (material) akibat longsorny tebing yang setinggi 8meter, memang harus dengan menggu,nakan alat berat" ujar Duddy
Petugas BPBD dengan dibantu ratusan warga setempat yang ikut membantu proses pembukaan jalan, masih berusaha membuka akses jalan yang terhalang tanah longsoran sejak pukul 06:00 WIB hingga pukul 09;00. Mereka tetap berusaha keras tanpa rasa lelah dan pamrih terus berusaha membuka akses jalan yang menutup badan jalan sehingga 3 akses jalan desa terputus

(Rahmat)