Cara Pemuda Kampung Kamandoran Dalam Melestarikan Seni Kendang Penca
-->

Advertisement


Cara Pemuda Kampung Kamandoran Dalam Melestarikan Seni Kendang Penca

LKI CHANNEL
18 Agustus 2020




Sukabumi LKI Channel;-
Para pemuda Kampung Kamandoran RT 001/010, Desa Karangtengah, Kecamatan Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, merasa prihatin dengan minimnya ketertarikan anak muda terhadap seni budaya sunda. Oleh karena itu, mereka berinisiatif menggelar pertunjukan kendang penca dalam acara memeriahkan HUT ke-75 RI, Selasa (18/8/2020).


Acara ini merupakan acara tahunan yang biasa dilakukan di Kampung Kamandoran ini. Setiap tahunnya juga selalu ditampilkan acara kesenian tradisional dengan tujuan mempertahankan budaya sunda.
"Tujuan dari acara ini yaitu membangunkan semangat pemuda khususnya di Kampung kamandoran untuk mencintai kesenian sunda," Kata Herman selaku ketua panitia HUT ke-75 RI Kampung Kamandoran;

190826083146-748.jpg
Herman menyatakan kegiatan ini dimulai dari pembagian hadiah perlombaan sampai keacara puncak di antaranya penca silat,demonterasi dan banyak lagi seni-seni yang di tampilkan oleh para pemuda kamandoran dalam merayakan HUT RI Ke 75 Tahun;
"Kami berharap kegiatan ini disamping menjadi ajang melestarikan kearifan budaya lokal agar kegiatan-kegiatan budaya seperti ini tidak hilang. Kedepannya kami berharap kegiatan ini akan semakin meriah lagi," pungkas Herman kepada awak media LKI Channel.
( Im)