Mengintip Destinasi wisata Air Terjun Warisan Leluhur Di Desa Ambarjaya
-->

Advertisement


Mengintip Destinasi wisata Air Terjun Warisan Leluhur Di Desa Ambarjaya

LKI CHANNEL
23 May 2021

LKI CHANNEL - SUKABUMI


Wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang bisa dibilang cukup beruntung. Karena memiliki bentang alam yang sangat mempesona, mulai dari pantai, hutan rimba yang masih alami, hingga keberadaan air terjun yang sangat eksotis, oleh sebab itu keindahan alam Sukabumi tidak akan ada habisnya.


Salah satunya Air Terjun (Curug Luhur), Jika dilihat secara administratif Air Terjun masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya di  Kp. Genteng  RT 02. RW 06 Desa Ambarjaya perbatasan dengan Desa Ginanjar, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.


Air Terjun (Curug Luhur)  di kelola oleh KTH LAS. (Kelompok Tani Hutan Lestari Alam Sejahtera), disaat Awak Media lki-channel.com mencoba berpetualang  ke Curug Luhur atas undangan salah seorang pengelola yang bernama Aep Saepudin 


Di saat perjalanan ke Curug Aep yang juga sebagai Ketua RT di Kp. Genteng  menyebutkan biasanya wisatawan ramai tiap sabtu dan minggu karena banyak yang kemping kalau haru-hari biasa paling penduduk lokal kecuali musim liburan tiap hari juga selalu ada.


"Kami butuh dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dan Dinas Pariwisata serta Dinas-dinas terkait untuk mempromosikan objek wisata alam khas daerah ini  ke khalayak orang banyak serta pengembangan sarana dan prasarana di kawasan objek wisata ini,"  Sabtuq (22/05/2021).


Dia menjelaskan objek wisata alam yang baru dirintis tiga tahun lalu menggunakan dana swadaya masyarakat yang Didukung pemerintah desa setempat sebagai salah satu upaya mewujudkan Destinasi Wisata daerah kearah pembangunan sektor pariwisata.


Untuk bisa sampai ke Air Terjun dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra sekaligus menguras tenaga. Karena kondisi jalan yang cukup menantang membuat para pengunjung harus ekstra waspada.


Jika membawa kendaraan mobil atau pun motor pengunjung bisa menitipkan di parkiran yang telah disediakan oleh pihak pengelola yang pastinya aman dan dengan tarif alakadarnya 


Para pengunjung bisa bertanya ke penduduk setempat mengenai jalan menuju ke air terjun. Kalau pun memiliki budget lebih wisatawan bisa meminta pengelola untuk menjadi guide selama di perjalanan.


Perjalanan akan dimulai dengan melewati area perkebunan warga setempat dan masuk area hutan yang sangat asri dan sejuk. Karena kondisinya yang masih sangat alami dan berada di tengah-tengah hutan


Setelah berjalan kaki sekitar 15 menit, dari area parkir para pengunjung akan mulai memasuki kawasan Curug (air terjun), yang berarti wisatawan harus mulai berhati-hati karena hanya ada jalan setapak, tidak beberapa jauh gemuruh air terjun seakan langsung menyambut para pengunjung dengan ramah.


Setelah tiba di lokasi air terjun, lelah selama di perjalanan seakan langsung terobati melihat pemandangan yang begitu menawan. Air Terjun sendiri memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang cukup deras, karena berasal dari mata air pegunungan, Curug Luhur memiliki air yang sangat jernih dan terasa menyegarkan.


Bukan hanya pengunjung lokal pengunjung dari luar kota pun banyak menghabiskan waktu untuk kemping. Karena kondisinya yang masih sangat alami membuat Air Terjun memiliki banyak landscape yang sangat Instagrammable


Salah seorang warga Jakarta yang bernama Aldo saat itu Kemping bersama rekannya menuturkan ,Lokasi Air Terjun ini sangat menyenangkan karena berada di tengah-tengah hutan memiliki suasana yang sunyi dan asri. Sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan pikiran dari segara rutinitas sehari-hari. Suasana yang disajikan juga akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di sini.


Curug Luhur ini bisa menjadi destinasi liburanmu selanjutnya, terutama bagi kamu para pecinta alam. Kondisi alam yang masih sangat alami, suasana yang sunyi, air yang menyegarkan, ditambah dengan kicauan suara burung yang saling bersahut-sahutan akan memberikan ketenangan batin yang luar biasa. 


Bagi pecinta petualangan, traveling Curug Luhur adalah salah satu wisata alam yang patut dicoba," himbaunya mengakhiri percakapan


Bagaimana, apakah sudah ada rencana untuk berkunjung ke Curug Luhur?


(Almiat Syahputra)