Harga Kacang Kedelai semakin Meroket
-->

Advertisement


Harga Kacang Kedelai semakin Meroket

LKI CHANNEL
07 June 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Industri rumahan pembuat tahu dan tempe kembali menjerit dan merasa tertekan hingga saat ini di tengah harga kedelai yang terus Melambung  Kini harga kedelai mendekati angka Rp11.500/Kg. Harga kacang kedelai yang terus merangkak naik semenjak di bulan Suci Ramadhan sampai saat ini, Akibatnya,Salah satu pengusaha rumahan (home industry) . sebut saja Denda salah satu pengrajin tahu yang berada di Kampung Bantarmuncang Kulon Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawabarat. Pelaku industri pembuat tahu ini semakin tertekan karena harga kedelai yang terus meroket.  

Menurutnya, harga kacang kedelai dari Bulan Puasa hingga sekarang terus naik sampai di anggka Rp11.500  dari Harga rata rata per kilo gram 7 ribu sedikit demi sedikit harganya terus naik perkilonya. sementara harga jual tahu yang tetap. Dalam satu harinya Denda dapat memproduksi tahu sebanyak 2 sampai 3  kwintal perhari sedangkan belanja kacang kedelainya 2 ton dalam seminggu,” kata Denda kepada awak media saat ditemui di pabriknya, 


Sebagai pelaku usaha  harga kacang kedelai sebagai bahan utama pembuat tahu kalau naik, sementara itu harga tahu tidak mungkin ikut di naik pula. Sebab, kalau  harga tahu di naikan ini pasti tidak akan laku, dan sepi pembeli, dalam hal ini kami siasati sedikit dengan merubah ukuran cetakannya agar tidak merugi,” ucapnya. 



Dalam hal ini Saya selaku pengusaha Tahu berharap agar terus bisa memproduksi bahan pokok bagi masyarakat seperti tahu ini, dan berharap juga kepada pemerintah agar segera dapat  mencarikan solusi mengenai  harga kacang kedelai agar dapat stabil seperti biasanya.


(aconk/amoy)