Desiminasi Rekomendasi BBM secara lelang di laksanakan di kantor koperasi alam sejahtera
-->

Advertisement


Desiminasi Rekomendasi BBM secara lelang di laksanakan di kantor koperasi alam sejahtera

LKI CHANNEL
15 June 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Desiminasi Rekomendasi BBM secara lelang yang di laksanakan di kantor koperasi alam sejahtera (15/6/2023) diikuti oleh beberapa Kepala TPI diantara nya kepala TPI Palabuhanratu ,Kepala TPI Minajaya, Staf TPI Ujunggenteng.



Kegiatan dimulai pada pukul 10.30 WIB dan dihadiri oleh David Ibrahim MSM selaku Narasumber, Deris Hermawan selaku Polisi Khusus, Sambas selaku staf TPI Ujunggenteng Kegiatan yang juga turut dihadiri oleh perwakilan dari Desa Ujunggenteng, perwakilan pengelola SPBU Cimaja-Surade, Perwakilan HNSI Ujunggenteng dan komunitas nelayan Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap , dimulai dengan penyampaian materi mengenai Tata Cara Pelayanan Rekomendasi BBM Online dari pak David Ibrahim MSM kepada para peserta diseminasi, mulai dari dasar hukum yang mengacu kepada Permen ESDM No. 6 Tahun 2014 dan Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi No. 6 Tahun 2014, tujuan adanya surat rekomendasi untuk memastikan subsidi BBM sampai tepat sasaran kepada nelayan, hingga alur pelayanan suratnya yang dilakukan secara daring.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta diseminasi yang membahas mengenai kendala pelayanan surat rekomendasi BBM yang sering dijumpai di lapangan, seperti keengganan masyarakat untuk mengurus suratnya karena mengira akan dikenakan banyak biaya dan simpang siur mengenai kepemilikan asuransi BPJS Ketenagakerjaan salah satu syarat mendaftarkan suratnya.


Laporan telah terjadi gesekan antar nelayan yang mempermasalahkan alat tangkap jaring tanam yang di gunakan Sebagian nelayan, letak dari permasalahannya yakni alat tangkap tersebut menghalangi alur jalan kapal.


Dan di harapkan Proses pelayanan surat rekomendasi BBM diharapkan bisa semakin mudah dan cepat karena kini dilakukan secara elektronik, dalam undang-undang, nelayan kecil yang bekerja di kapal di bawah 30 GT dipermudah untuk mengurus berbagai administrasi terkait, termasuk surat rekomendasi BBM.


Perwakilan Desa Ujunggenteng mengatakan banyak nelayan dari Desa Ujunggenteng yang membuat surat rekomendasi dan mendukung program lainnya yang dijalankan oleh Dinas Perikanan Kab. Sukabumi sedangkan Ketua HNSI Ujunggenteng menyampaikan Hari Syukuran Nelayan Ujunggenteng yakni pada tanggal 5 Juli dan aka nada pelayanan pembuatan PAS tahunan dan BPJS Ketenaga kerjaan bagi nelayan, maka diharapkan nelayan bisa mengakses layanan tersebut semaksimal mungkin.




Harapan dengan di adakan nya kegiatan2 ini agar  nelayan sering mengadakan silaturahmi dalam acara desiminasi atau sosialisasi karena kalau tidak ada acara-acara sosialisasi antar sendiri nelayan jarang bertemu dan dengan desiminasi/sosialisasi pula informasi-informasi dapat tersampaikan.


(Yp)